PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA Matematika selama ini dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa. Banyak metode dan pendekatan yang kemudian digunakan untuk membuat siswa senang dengan pelajaran matematika. Salah satu metode dan pendekatan yang digunakan untuk mendekatkan siswa dengan matematika yaitu dengan pendekatan matematika realistik. Matematika realistik menggunakan pendekatan masalah sehari-hari yang dekat dengan dunia siswa. Masalah-masalah nyata dan benda-benda nyata dalam kehidupan siswa menjadi titik awal dalam pembelajaran di kelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan mendekatkan matematika pada anak-anak karena sebenarnya matematika sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Benda-benda nyata yang ada di sekitar siswa dijadikan alat peraga dalam proses pembelajaran. Menurut pendekatan ini, kelas matematika bukan tempat memindahkan matematika dari guru kepada siswa, melainkan tempat siswa menemukan kembali ide dan konsep matematika me...
PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA Matematika selama ini dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa. Banyak metode dan pendekatan yang kemudian digunakan untuk membuat siswa senang dengan pelajaran matematika. Salah satu metode dan pendekatan yang digunakan untuk mendekatkan siswa dengan matematika yaitu dengan pendekatan matematika realistik. Matematika realistik menggunakan pendekatan masalah sehari-hari yang dekat dengan dunia siswa. Masalah-masalah nyata dan benda-benda nyata dalam kehidupan siswa menjadi titik awal dalam pembelajaran di kelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan mendekatkan matematika pada anak-anak karena sebenarnya matematika sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Benda-benda nyata yang ada di sekitar siswa dijadikan alat peraga dalam proses pembelajaran. Menurut pendekatan ini, kelas matematika bukan tempat memindahkan matematika dari guru kepada siswa, melainkan tempat siswa menemukan kembali ide dan konsep matematika ...
Nama : ASTIYANI NIM : 14712259002 DIRIKU YANG AKAN SEDANG MEMBANGUN TEORI LEARNING TRAJECTORY Berdasarkan penjelasan Bapak Marsigit melalui hasil rekaman dan catatan pada kegiatan perkulihan hari Selasa, 7 April 2015 tentang membangun teori learning trajectory dapat saya kaji hal-hal sebagai berikut, bahwa setinggi-tinggi ilmu adalah seseorang mampu bersikap sopan dan santun terhadap ruang dan waktu, artinya bahwa seseorang dapat menempatkan diri secara wajar, selaras, serasi, seimbang terhadap lingkungan dimana dia berada terikat dengan waktu sesuai dengan konteksnya. Manusia memiliki keterbatasan sehingga manusia harus tahu diri dan mengetahui batasan-batasan yang dimilikinya. Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran guru harus memahami bahwa siswa sebagai manusia yang sedang belajar memiliki keterbatasan sehingga kemungkinan terjadinya kekeliruan adalah...
Komentar
Posting Komentar