PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA Matematika selama ini dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa. Banyak metode dan pendekatan yang kemudian digunakan untuk membuat siswa senang dengan pelajaran matematika. Salah satu metode dan pendekatan yang digunakan untuk mendekatkan siswa dengan matematika yaitu dengan pendekatan matematika realistik. Matematika realistik menggunakan pendekatan masalah sehari-hari yang dekat dengan dunia siswa. Masalah-masalah nyata dan benda-benda nyata dalam kehidupan siswa menjadi titik awal dalam pembelajaran di kelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan mendekatkan matematika pada anak-anak karena sebenarnya matematika sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Benda-benda nyata yang ada di sekitar siswa dijadikan alat peraga dalam proses pembelajaran. Menurut pendekatan ini, kelas matematika bukan tempat memindahkan matematika dari guru kepada siswa, melainkan tempat siswa menemukan kembali ide dan konsep matematika me
REVIEW TEORI BELAJAR SISWA Keberhasilan dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu faktor penting yaitu dari segi guru sendiri sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan yang langsung berinteraksi dengan subjek belajar yaitu siswa. Guru dalam menjalankan tugas dan perannya dalam pembelajaran berpengaruh secara langsung dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran yang dilaksanakannya. Peran dan tugas guru memang tidak dapat dikatakan ringan. Berbagai peran dan tugas guru antara lain adalah sebagai pendidik, fasilitator, dinamisator, motivator, dan peran lainnya. Untuk mendukung peran dan tugasnya dalam proses pembelajaran, guru harus membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan pendidikan. Hal ini dilakukan agar guru dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Guru dapat meningkatkan kompetensinya dengan menggunakan filsafat lo
PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA Matematika selama ini dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa. Banyak metode dan pendekatan yang kemudian digunakan untuk membuat siswa senang dengan pelajaran matematika. Salah satu metode dan pendekatan yang digunakan untuk mendekatkan siswa dengan matematika yaitu dengan pendekatan matematika realistik. Matematika realistik menggunakan pendekatan masalah sehari-hari yang dekat dengan dunia siswa. Masalah-masalah nyata dan benda-benda nyata dalam kehidupan siswa menjadi titik awal dalam pembelajaran di kelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan mendekatkan matematika pada anak-anak karena sebenarnya matematika sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Benda-benda nyata yang ada di sekitar siswa dijadikan alat peraga dalam proses pembelajaran. Menurut pendekatan ini, kelas matematika bukan tempat memindahkan matematika dari guru kepada siswa, melainkan tempat siswa menemukan kembali ide dan konsep matematika mela
Komentar
Posting Komentar